Sekolah Keren Dengan Lukisan Mural

Muralnesia.id – Dalam Dunia Pendidikan secara umum adalah menciptakan individu atau peserta didik yang berkualitas, berbudipekerti luhur, serta berbakti terhadap nusa dan bangsa. Mural dalam konteks pendidikan di sekolah memiliki peran aktif sebagai media pembelajaran dengan metode visual untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan peserta didik tentang nilai-nilai sosial-budaya. Dalam perkembangan mutakhirnya, pendidikan di sekolah-sekolah khususnya di Indonesia, bukan lagi hanya sebatas memberi materi melalui ceramah di dalam ruang kelas, akan tetapi dengan metode visual di luar ruang kelas pun telah diterapkan.

      Demikian, maka mural (lukisan dinding) mengambil peran aktifnya sebagai media pembelajaran. Melalui mural di sekolah-sekolah, pendidikan konservasi tampil sebagai sesuatu yang berbeda dari yang sebelumnya. Mural sebagai bentuk karya seni rupa yang representatif dan sarat dengan unsur-unsur komunikasi, hidup dalam lingkungan sekolah pada beberapa dekeade terakhir. Mural sering dijadikan sarana yang efektif dalam pendidikan konservasi di sekolah, yaitu sebagai model pembelajaran dengan metode visual. Dalam hal ini berfokus pada arsitektur sekolah, ruang nonmengajar. Mural sebagai sarana pendidikan di sekolah-sekolah, memang disarankan agar para murid atau peserta didik ketika melihat lukisan dinding yang dibuat, selain menjadi ‘terhibur’, sekaligus mendapatkan pesan-pesan dari lukisan dinding atau mural yang dilihatnya. Demikian, karena pembuatan mural di lingkungan sekolah, memang tidak hanya memikirkan unsur estetiknya saja, melainkan, dan yang paling utama adalah kandungankandungan pesan yang ingin disampaikan kepada peserta didik melalui mural tersebut. 

      Dengan demikian, boleh dikata mural dalam lingkungan sekolah menjadi penting dan sangat mendidik. Tidak jarang ditemukan mural di lingkungan sekolah dengan pesan-pesan yang hanya berupa tulisan-tulisan formal saja (grafity). Metode seperti ini, kini dianggap kurang efektif, karena hanya berupa tulisan saja sehingga kurang mendapat perhatian dari murid. Dengan demikian, maka tidak heran saat ini ketika kita memasuki beberapa lingkungan sekolah, kita akan melihat beberapa lukisan yang terpajang di dinding-dinding gedung sekolah, seolah-olah ada suatu kegiatan pameran lukisan yang diadakan dalam lingkungan sekolah itu. Padahal, ini merupakan metode yang baru dalam konteks pendidikan konservasi melalui metode visual, yaitu mural.

Nah, setelah  penjelasan diatas, berikut beberapa contoh sekolah yang menerapkan dekorasi seni lukis mural agar sekolah terlihat lebih keren, asyik dan ceria.

1. Mural Di Ruang Kelas

Credit : Pinterest

2. Mural Di Kantin

3. Mural di Perpustakaan

Credit : https://images.app.goo.gl/NHXUXf29EGzSo7Rm6

Nah, itu dia beberapa tampilan sekolah keren dengan lukisan mural yang bisa kamu jadikan referensi. Jika kamu memang tertarik, cobalah untuk konsultasi dengan ahlinya, ya. Yuk, Disini Jogja Painting hadir sebagai jasa penyedia mural dan 3D Art yang dapat membantu meningkatan proft bisnis melalui seni mural dan 3D Art yang dapat memikat hati pelanggan. Jika anda tertarik bisa langsung saja hubungi Tim Jogja Painting di 0818 988 154 (Wa) atau juga bisa  mendatangi kantor berlokasi di Plaza UNY lantai 4 jalan affandi St, Caturtunggal, Depok Sleman, Yogyakarta 55821, Indonesia. Yuk, tunggu apa lagi?

Leave a Comment