Kumpulan Gambar Museum Kekinian di Indonesia

Apa yang terlintas dalam pikiran kalian ketika mendengar kata museum? Pastinya, tempat yang mampu membuat siapa saja yang mengunjunginya menjadi kagum. Bagaimana tidak, museum menyimpan berbagai benda bahkan karya seni yang berharga, sehingga menarik hati pengunjungnya. Tetapi, harus diketahui bahwa museum dikelompokkan menjadi beberapa jenis lho, yaitu museum arkeologi, seni, biografi, anak, sejarah, serta museum militer atau perang.

Disetiap jenis museum, tersimpan berbagai benda berharga yang berbeda-beda sesuai dengan nama museum itu sendiri, serta memiliki nilai estetika yang berbeda juga tentunya. Dengan begitu, siapa sih yang tidak tertarik untuk mengunjungi museum?

Sebagian besar, pengunjung yang mengunjungi museum bertujuan untuk menambah wawasan serta ilmu melalui karya-karya yang berada di dalam setiap museum. Namun, di zaman sekarang, museum juga merupakan spot foto favorit bagi pengunjung dikarenakan keindahan dari museum yang ada.

Di Indonesia, banyak sekali museum-museum kekinian yang dikenal mampu memikat hati pengunjungnya. Mengapa disebut kekinian? Dikarenakan museum-museum tersebut memiliki nilai estetika yang sangat unik sehingga ramai dikunjungi orang, sebagai tempat manambah ilmu dan juga sekaligus tempat untuk sekedar hangout bersama keluarga maupun teman.

Nah, sekarang kami akan menganjak kalian melihat beberapa contoh museum kekinian di Indonesia yang menarik hati pengunjung melalui gambar-gambar dibawah ini. Simak yuk.

Museum Macan (Modern and Contemporary Art in Nusantara)

Museum Macan, tempat yang menawarkan berbagai jenis seni yang sangat indah untuk dipandang mata, terletak di Jakarta Barat, dibuka pada tanggal 4 November 2017 dan menjadi salah satu museum kekinian yang ramai dikunjungi. Museum Macan merupakan museum pertama yang memiliki koleksi seni modern dan kontemporer di Indonesia.

Di dalam Museum Macan ini, terdapat banyak sekali karya seni yang dibuat oleh seniman Indonesia maupun Internasional, sehingga tidak sedikit pengunjung yang menjadikan museum ini sebagai spot foto terbaik mereka. Salah satu contoh karya seni yang menjadi tempat favorit pengunjung yaitu ‘Infinity Mirrored Room’ karya seniman Jepang, Yayoi Kusama

.  

 

Infinity Mirrored Room (https://blog.misteraladin.com )

Museum Nasional Indonesia (Museum Gajah)

Museum Nasional Indonesia merupakan museum arkeologi, dan sejarah yang juga merupakan salah satu museum tertua di Asia Tenggara. Disebut sebagai Museum Gajah karena ada sebuah patung gajah yang terbuat dari perunggu di taman depan museum.

Museum Nasional memiliki lebih dari 140.000 koleksi terdiri dari koleksi prasejarah, koleksi arkeologi, koleksi keramik asing, numismatik / koleksi heraldik, koleksi kolonial, etnografi dan koleksi geografis. Menarik bukan? Sebagian besar pengunjung yang dating ke museum ini adalah mereka yang ingin mempelajari dunia arkeologi maupun sejarah.

Museum Nasional Indonesia / Museum Gajah (https://www.jakartatraveller.com )

Indonesia Haritage Museum

Museum yang satu ini terletak di Jatim park, Jawa Timur. Menariknya Indonesian Heritage Museum ini dilengkapi teknologi augmented reality (AR). AR sendiri merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.

Di Indonesian Heritage Museum, pengunjung cukup mendownload aplikasi augmented reality di play store maupun apple store. Setelah itu, scan gambar di dalam museum tersebut yang memiliki simbol barcode.

Gambar-gambar sejarah di tembok museum tersebut otomatis akan hidup atau bergerak di layar gawai pengunjunh. Gambar tersebut memiliki sound effects dan juga bisa dibuat selfie lho, sehingga edukasi yang diberikan lebih seru. Sangat menraik bukan?

Indonesia Heritage Museum ( www.timesjatim.com )

 

Tinggalkan komentar